Manfaat Jamur Tiram

19 Mar

manfaat jamur tiram

Jamur tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda

Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya, dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol. Di samping itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan. Jamur tiram ini mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai antioksidan. Adanya polisakarida, khususnya Beta-D-glucans pada jamur tiram mempunyai efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, dan dapat meningkatkan sistem imun. Pada jamur tiram, produk ini disebut sebagai plovastin yang di pasaran dikenal sebagai suplemen penurun kolesterol (komponen aktifnya statin yang baik untuk menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia). Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram maka bahan ini termasuk aman untuk dikonsumsi. Adanya serat yaitu lignoselulosa baik untuk pencernaan. USDA (United States Drugs and Administration) yang melakukan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa dengan pemberian menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol dalam serum hingga 40 % dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandung jamur tiram. Sehingga mereka berpendapat bahwa jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol. Di Jepang saat ini sedang diteliti potensi jamur tiram sebagai bahan makanan yang dapat mencegah timbulnya tumor.

Thanks to: My Ensiclopedy

Artikel Terkait:

  1. Karakteristik Jamur tiram
  2. Siklus hidup Jamur tiram
  3. Syarat pertumbuhan jamur tiram
  4. Kandungan gizi jamur tiram
  5. Budidaya Jamur Tiram
  6. Media tanam dan komposisi Jamur Tiram
  7. Metode budidaya Jamur Tiram

5 Tanggapan to “Manfaat Jamur Tiram”

  1. maubelajar Desember 24, 2012 pada 13:42 #

    Dengan tiram saya merasakan manfaat yg lebih baik bagi kesehatan tubuh saya

  2. dino g November 18, 2012 pada 21:53 #

    Bagus banget..kebetulan kakak kami jg baru memulai usaha seperti ini. Mohon juga saran/masukannya tuk memaksimalkan hasil usaha budidaya jamur ini. Saran dan masukanya sangat berarti buat kami.

  3. nadia Januari 25, 2012 pada 18:43 #

    subhanallah…
    “siliar”
    yang dibudidayakan

    • dino g November 18, 2012 pada 21:54 #

      “Siliar yg bermanfaat”🙂

  4. alice pngen ..... Maret 19, 2011 pada 16:06 #

    Wew

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: